Penelitian tellows II: Modus Telemarketing Semakin Merajalela di Indonesia

Hai sahabat tellows!

Apa kalian sudah pernah baca hasil penelitian tellows mengenai pengguna yang paling aktif? Berdasarkan penelitian tersebut, Kolombia, Amerika Serikat dan Meksiko memiliki pengguna yang paling aktif di antara 50 negara. Nah, kali ini tellows membuat penelitian bagian kedua yang juga tak kalah menarik. Untuk mengawali tahun 2019 ini, tim tellows menelusuri informasi yang pernah diberikan oleh pengguna mengenai berbagai nomor telepon yang ada. Yang paling menarik adalah berbagai kategori penelepon yang dilaporkan pengguna tellows.

Kira-kira jenis telepon macam apa sih yang sering dilaporkan oleh sahabat tellows lainnya? Apakah telemarketing? Atau bahkan penipuan uang? Dengan peneltitian ini kalian bisa melihat apa tujuan kebanyakan nomor tak dikenal menelepon masyarakat Indonesia. Kalian pun bisa mengira-ngira, jenis panggilan macam apa yang mungkin kalian terima kalau kalian melihat nomor tak dikenal di layar hape.

Negara-negara yang dianalisa adalah negara yang memiliki pengguna terbanyak, seperti contohnya Jerman, Italia, Inggris, Perancis, Spanyol, dan tentunya Indonesia. Jenis panggilan yang paling sering dilaporkan dibandingkan antar negara.

Masyarakat Indonesia paling sering diganggu telepon telemarketing

Sebelum kita melihat perbandingan jenis panggilan di seluruh dunia, mari kita lihat terlebih dahulu kondisinya di Indonesia. Di Indonesia, setiap bulannya terdapat lebih dari 400.000 pengguna tellows yang senantiasa berbagi informasi mengenai berbagai nomor telepon. Lewat diagram dibawah kamu bisa melihat bagaimana nomor telepon tersebut dilaporkan. Ternyata 39% dari nomor telepon yang ada di tellows dilaporkan sebagai panggilan telemarketing. Ini berarti telemarketing merupakan masalah utama dari para pengguna tellows. Menempati posisi kedua adalah nomor terpercaya. Selain itu, perusahaan penagih hutang dan peneror juga memiliki jumlah angka yang tinggi di antara kategori lainnya. Yang paling jarang dilaporkan adalah survey dengan jumlah sekitar 2%.

Kesimpulannya, masyarakat Indonesia sering mendapat panggilan telemarketing yang tidak terduga. Tapi, jangan salah, panggilan ini bisa jadi hanya modus belaka yang digunakan penipu untuk menguras uang si penerima telepon. Jadi, berhati-hatilah terhadapat panggilan seperti ini!

Jenis panggilan di lingkup global – Laporan pengguna di berbagai negara

Grafik di bawah ini menunjukkan jenis panggilan yang paling populer di 9 negara, di mana tellows memiliki banyak pengguna. Enam jenis panggilan yaitu iklan agresif, peneror, penipuan uang, perusahaan penagih hutang, dan nomor terpercaya merupakan jenis panggilan yang paling sering dilaporkan di tellows. Meskipun begitu, kamu bisa lihat kalau jumlah persenan setiap negara berbeda-beda.

Pengguna tellows di Eropa seperti Jerman dan Italia paling sering menerima panggilan iklan agresif dan telemarketing. 43% dari total panggilan yang diterima pengguna Italia dilaporkan sebagai iklan agresif dan 26% dari pengguna Jerman melaporkan juga kategori ini.

Selain itu, pengguna dari Ingrris, Spanyol, dan Perancis paling sering menerima panggilan dari peneror yang sering menganggu. Bahkan, di Perancis panggilan dengan modus ini sangat marak dengan jumlah 52%. Di Spanyol jumlah kategori ini adalah 36% dan di Inggris berkisar 29%. Mengejutkannya, teror telepon bukanlah masalah yang sering terjadi di Italia dengan jumlah hanya 5%.

Di belahan dunia yang lain, permasalahan yang sering dihadapi pengguna adalah penipuan uang. Jenis panggilan ini sangat sering dilaporkan khususnya di Amerika latin, Brazil, dan Meksiko. Tujuan panggilan ini tentunya untuk menguras uang si penerima telepon dengan berbagai cara. Brazil merupakan negara dengan jumlah penipuan tertinggi dengan total 48%, diikuti oleh Meksiko dengan jumlah 36%.  

Seperti Inggris, Spanyol, dan Perancis, Meksiko juga memiliki volume panggilan teror yang tinggi. Faktanya, 30% dari nomor yang dilaporkan di Meksiko dinilai pengguna sebagai peneror. Di sisi lain, panggilan teror bukanlah masalah yang besar di Brazil.

Bergabunglah bersama tellows untuk mengurangi panggilan berbahaya

Tujuan dari penelitian ini adalah agar pengguna semakin waspada terhadap berbagai jenis panggilan berbahaya yang marak di berbagai negara. Berkat laporan dan penilaian yang senantiasa diberikan oleh seluruh sahabat tellows, kami bisa menyediakan informasi yang kamu butuhkan ketika kamu menerima panggilan dari nomor tak dikenal. Kita pun bisa menyimpulkan kalau setiap negara memiliki permasalahan yang berbeda. Namun, nomor-nomor telepon yang paling sering dilaporkan di tellows memiliki nilai skor tellows yang negatif, yang berarti bahwa nomor tersebut beresiko berbahaya. Dengan membaca dan menulis laporan di tellows, kamu bisa melindungi dirimu dan orang lain dari panggilan yang beresiko berbaya.

Berhubung kita di Indonesia paling sering berhadapan dengan panggilan telemarketing yang sering mengganggu, tellows menyediakan solusi yang optimal untuk melindungi kita. Dengan aplikasi “Caller ID & Block” tellows, kamu bisa terhindar dari panggilan telepon yang terus-terusan mengganggumu setiap hari. Aplikasi ini bisa membantu kamu mengenali siapa yang meneleponmu dan bahkan memblokir nomor telepon yang beresiko berbahaya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *