Panggilan masuk dengan ID Greater Jakarta, apa maksudnya?

Facebooktwitterpinteresttumblrmail

Sering kali kita ditelepon oleh nomor tak dikenal, entah dengan tujuan telemarketing, penawaran asuransi, atau bahkan penipuan. Terkadang ketika kita ditelepon oleh nomor-nomor tak dikenal, tertulis Greater Jakarta di bawah nomor teleponnya. Kita pun bingung, apa sih sebenarnya Greater Jakarta? Nama perusahaan? Atau nama modus penipuan? Nah, setelah mencari tahu di berbagai sumber, tim tellows menemukan jawabannya! Yuk simak langsung di bawah ini!

Apakah Greater Jakarta merupakan nama perusahaan?

Banyak orang yang mengira kalau Greater Jakarta itu merupakan nama dari perusahaan yang menelepon mereka. Namun, pengguna tellows sendiri sudah melaporkan di berbagai nomor di platform tellows, kalau mereka ditelepon oleh berbagai perusahaan yang berbeda yang memiliki ID atau tulisan Greater Jakarta yang muncul di layar saat panggilan masuk. Mari kita baca langsung laporannya dari teman-teman kita yang diambil dari platform id.tellows.net:

Tiko melaporkan nomor +622124163343 dengan komentar:
Saya dpt panggilan ini hari rabu (12/06/2019)siang sekitar pukul 11. Saya sedang dalam perjalanan dinas waktu itu. Di layar tertulis Greater Jakarta. Karna saya kira tidak telp dari kantor/ perusahaan tempat saya mengajukan lamaran maka saya angkat. Kemudian perempuan diseberang sana menanyakan nama saya “dengan ibu….?” karna saya sedang tidak konsen, buru2 ada meeting jadi saya nyeplos “ya?” lalu telp dimatikan. Saya baru tau kalau ini modus setelah saya cari nomernya di google. Bagaimana ini?

Apakah Greater Jakarta itu berarti modus penipuan?

Beberapa orang juga salah paham dengan arti Greater Jakarta. Mereka mengira, kalau mereka melihat ID ini saat panggilan masuk, itu berarti kalau si penelepon sudah pasti penipu. Nah, ternyata nggak semudah itu teman-teman. Nomor-nomor yang memiliki ID Greater Jakarta bisa jadi penipuan tetapi bisa juga bukan. Mari kita lihat laporan pengguna tellows lainnya yang ditelepon dengan modus penipuan dengan ID Greater Jakarta tersebut:

Anonim melaporkan nomor +622140003333 dengan komentar:
Hari ini, 4 April 2018 pukul 18:08 nomor 02140003333 menelepon saya. Sebelumnya ada jg nomor asing menelpon saya yaitu nomor 02130495400 dg tulisan Greater Jakarta missed call sy sampe 6x. Akhirnya saya angkat, dia bahkan tau nama lengkap saya, umur, dan tau saya punya rek bank CIMB Niaga. Dia jg tanya udah berkeluarga apa masih single dan mendoakan biar dpt jodoh yg terbaik. Hell. Dia nyerocosssss mulu nawarin asuransi kecelakaan, dan terus menjelaskan hal2 yg saya gak ngerti. Saya cuma respon hm hm sama ya ya ya aja. Saya dengarkan dia nyerocos selama 9 menit, sampai akhirnya saya sadar ini pasti penipuan dan akhirnya saya bilang : Udah ya mba saya mau solat. Tp dia melarang saya mengakhiri panggilan itu. Sampe saya habis kesabaran trus saya matiin tlp itu

Jadi, apa dong arti Greater Jakarta?

Duh, kalau Greater Jakarta bukan nama perusahaan atau nama modus penipuannya, jadi kenapa kita terkadang melihat ID ini saat ditelepon beberapa nomor tak dikenal? Nah, jawabannya ternyata sangat simpel. ID atau tulisan Greater Jakarta di layar hape kita ternyata hanya menunjukkan lokasi atau wilayah si penelepon berada. Ini bisa diketahui lewat kode nomor si penelepon, biasanya +6221 yang berarti Jakarta ataupun juga Jabodetabek. Jadi, kalau kita melihat ID ini di layar hape kita saat menerima panggilan masuk, kita bisa tahu kalau si penelepon berasal dari wilayah tersebut. Ternyata simpel banget ya?

Kalau kalian ingin melihat info yang lebih lengkap dari nomor yang menelepon kalian saat panggilan masuk, kalian bisa menggunakan aplikasi Caller ID & Block tellows! Aplikasi ini punya fitur identifikasi penelepon yang bisa menampilkan nama dan lokasi spesifik si penelepon berada. Fitur ini bisa didapatkan dengan gratis, loh! Kalian hanya perlu download atau unduh langsung aplikasi tellows di Play Store untuk Android atau App Store untuk iPhone. Selamat mencoba!

Facebooktwitteryoutubeinstagram

21 gagasan untuk “Panggilan masuk dengan ID Greater Jakarta, apa maksudnya?

  1. April

    Saya dapat SMS dari nomor 02139735000 selamat April nomer anda berhak mendapat kan 1 miliar
    Itu penipuan atau bukan ea saya bingung???
    Dengan id greater jakarta

  2. Rafit

    622150611688 jg dr greater jakarta. nmr yg bertulis greater jakarta ini, mnelpon saya. Saya tak sempat sngkat. Ketika saya mau hubungi lagi pakai nmr lain karna plsa saya yg d hbungi habis, tak nisa2 di hubungi..

  3. Budi alamsyah

    kirain ada undian gitu ternyata setelah saya buka situs ini, hehe membingungkan…bagi ana orang pinggiran. tpi dg adanya penelpon no. tak dikenal hikmahnya lebih hati hati, mengerti apaitu greater Jakarta.

  4. Jhin iprit

    Halo saya pengguna idtellow tapi belum pernah saya menemukan telpon misterius lengkap dengan pemilik dan lokasi penelpon..cuma perintah melihat komentar…yang kebanyakan pada bingung seperti saya.

  5. Eky kurniawan

    Saya sudah 2 hari ini ditelpon oleh nomor tidak dikenal dengan nama dibawahnya “greater jakarta” bukan hanya satu nomor, tetapi 5 nomor berbeda dengan tulisan greater jakarta, singkatnya semua panggilan hanya masuk notifikasi daftar blokir, karena kartu hp saya, saya setting blokir otomatis semua nomor tidak dikenal (tidak ada di daftar kontak) . Apakah ini penipuan?

  6. Yeni setiani

    Saya ada yang nelpon dari greater jakarta udah 4x dengan no yang berbeda beda tp itu pas di tlpn balik malah no yang anda tuju tidak terdaftar,pas yang satu lagi sama saya langsung di angkat di halo haloin mlah dieum langsung di matiin dari sana nya,,,aku pun bingung ini kenapa no dari greater jakarta berturut turut masuk ke handpon saya

  7. Shaffiatul Fitri

    Assalamualaikum sis mau nanya tadi saya dapet telpon dari greater Jakarta +622126060198 saya dapat panggilan disuruh interview buat hari Senin apakah ini no greater Jakarta hoax apa bukan?

  8. Wahyu Ferdiansyah

    Saya Udah beberapa kali dipanggil oleh Nomor ID yang Tertera dengan nama Greater Jakarta. Pas Thn2 yang lalu truz juga kmrn sabtu aku ditelepon juga sama Greater Jakarta, Truz Juga Hari Ini lagih ditelepon sama Greater Jakarta. Sebenarnya diah nelpon nomor saya tuh tauh dari mana sih. Saya takut kalau diah adalah seorang penipuan yang ingin mencoba menghubungi saya tanpa ada alasan tertentu.

  9. Rima melati

    Saya rima melati saya tadi sore pukul 05:56 di hubungi oleh griter jakarta kata operator dari gritee jakarta saya dapat uang satu miliar apa itu jenis penipuan atau apa ya terimakasih

  10. Agung budiono

    Saya lagi nunggu telp dr Tokopedia tentang penipuan kejadian di Alfamidi… sekitar jam 11.00. tadi ada telp 02150917008 tapi saya tidak dengar karena masih kerja…….mohon di ulangi lagi utk telp saya tolong dong y Allah…

  11. Ace

    Hari ini pada 14-Februari-2020 pada jam 08:29 dengan inisial nomor +622130404119 menelefon saya dengan id greater jakarta. Dari si penelefon menawari saya sebuah asuransi, seperti asuran kesehatan, kecelakaan, kematian dan mungkin ada yang lainnya juga, soalnya saat ngomong cepet banget. Dan karena kurang fokus, pada saat ditawari saya hanya menjawab iya, iya dan iya aja. Dan dari penelefon pun juga ingin saya menyetujui dengan apa yang mereka tawarkan, dengan nada agak sedikit memaksa.
    Mohon dong solusinya, tolong check dan lacak nomor telefon itu, tolong penjarain dia dan sekalian mungkin juga ada komplotan dari si penelefon.
    Apalagi saat saya telefon balik, diangkat sih, tapi langsung ditutup. Gitu terus
    Bikin resah orang saja

  12. Jhony Renaldo dewanna

    Saya di telpon greater Jakarta 17 Febuari 2020 maksudx apa ya saya tidak paham apa itu maksud dan tujuanx
    Penelpon greater jakarta 02180605780

  13. Edo

    Hari nih tanggal 6 Maret 2020, saya ditelpn yg tulisannya Greater Jakarta nomernya (021 50849177), nawarin Asuransi ke saya, tiap kali mau saya tolak, dia ngejelasin ulang lagi programnya, trus diakhiri (Nanti kalo bapak setuju, saya bisa bantu bapak untuk verifikasi), dari sini udah males saya ladenin karena nada dia terkesan maksa bener, trus saya tutup sm blokir dah no tlpnya. tapi sblmnya kutanya dpt no tlpn saya, sm tau nama lengkap saya dari mana? dia jawab ktnya baru2 ini, saya dikasih tau pernah daftar aplikasi PEDE (Ponsel Duit), dan sy pernah itu daftar di aplikasi, untuk syarat utama waktu mengikuti Jobfair di palembang.

  14. faslan

    saya gk pernah di telepon tapi saya sering dapet sms dari sequis yg mencantumkan nomor telpon greater jakarta 02129942929 .kata dia nasabah yth terima kasih pembayaran polis anda no …sekian sebesar 650ribu telah kami terimah.padahal saya gk pernah daptar sequis malah ujug ujug ngambil uang gitu aja tolong dong biar uang nya gk di ambilin terus kalo bisa di kembalikan

  15. Haji ansori

    Saya di telpon berkali-kali oleh nomor yang tak dikenal dengan alasan mencari seseorang yang tidak saya kenal bahkan memaksa untuk mencari kan orang yang dimaksud namun saya tidak pernah kenal. Nomor saya baru di beli kok diteror oleh greater Jakarta hingga berhari hari

  16. Jelia

    Saya baru saja ditlpon +6221 greater Jakarta. Tanpa sengaja saya angkat karna kebetulan saya sedang main game. Karna bingung no apa, saya langsung search di google. Ternyata ini jawabannya. Untung td jaringan gak bagus..jd belum sempat ngomong udah mati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *