Panggilan masuk dengan ID Greater Jakarta, apa maksudnya?

Facebooktwitterpinteresttumblrmail

Sering kali kita ditelepon oleh nomor tak dikenal, entah dengan tujuan telemarketing, penawaran asuransi, atau bahkan penipuan. Terkadang ketika kita ditelepon oleh nomor-nomor tak dikenal, tertulis Greater Jakarta di bawah nomor teleponnya. Kita pun bingung, apa sih sebenarnya Greater Jakarta? Nama perusahaan? Atau nama modus penipuan? Nah, setelah mencari tahu di berbagai sumber, tim tellows menemukan jawabannya! Yuk simak langsung di bawah ini!

Apakah Greater Jakarta merupakan nama perusahaan?

Banyak orang yang mengira kalau Greater Jakarta itu merupakan nama dari perusahaan yang menelepon mereka. Namun, pengguna tellows sendiri sudah melaporkan di berbagai nomor di platform tellows, kalau mereka ditelepon oleh berbagai perusahaan yang berbeda yang memiliki ID atau tulisan Greater Jakarta yang muncul di layar saat panggilan masuk. Mari kita baca langsung laporannya dari teman-teman kita yang diambil dari platform id.tellows.net:

Tiko melaporkan nomor +622124163343 dengan komentar:
Saya dpt panggilan ini hari rabu (12/06/2019)siang sekitar pukul 11. Saya sedang dalam perjalanan dinas waktu itu. Di layar tertulis Greater Jakarta. Karna saya kira tidak telp dari kantor/ perusahaan tempat saya mengajukan lamaran maka saya angkat. Kemudian perempuan diseberang sana menanyakan nama saya “dengan ibu….?” karna saya sedang tidak konsen, buru2 ada meeting jadi saya nyeplos “ya?” lalu telp dimatikan. Saya baru tau kalau ini modus setelah saya cari nomernya di google. Bagaimana ini?

Apakah Greater Jakarta itu berarti modus penipuan?

Beberapa orang juga salah paham dengan arti Greater Jakarta. Mereka mengira, kalau mereka melihat ID ini saat panggilan masuk, itu berarti kalau si penelepon sudah pasti penipu. Nah, ternyata nggak semudah itu teman-teman. Nomor-nomor yang memiliki ID Greater Jakarta bisa jadi penipuan tetapi bisa juga bukan. Mari kita lihat laporan pengguna tellows lainnya yang ditelepon dengan modus penipuan dengan ID Greater Jakarta tersebut:

Anonim melaporkan nomor +622140003333 dengan komentar:
Hari ini, 4 April 2018 pukul 18:08 nomor 02140003333 menelepon saya. Sebelumnya ada jg nomor asing menelpon saya yaitu nomor 02130495400 dg tulisan Greater Jakarta missed call sy sampe 6x. Akhirnya saya angkat, dia bahkan tau nama lengkap saya, umur, dan tau saya punya rek bank CIMB Niaga. Dia jg tanya udah berkeluarga apa masih single dan mendoakan biar dpt jodoh yg terbaik. Hell. Dia nyerocosssss mulu nawarin asuransi kecelakaan, dan terus menjelaskan hal2 yg saya gak ngerti. Saya cuma respon hm hm sama ya ya ya aja. Saya dengarkan dia nyerocos selama 9 menit, sampai akhirnya saya sadar ini pasti penipuan dan akhirnya saya bilang : Udah ya mba saya mau solat. Tp dia melarang saya mengakhiri panggilan itu. Sampe saya habis kesabaran trus saya matiin tlp itu

Jadi, apa dong arti Greater Jakarta?

Duh, kalau Greater Jakarta bukan nama perusahaan atau nama modus penipuannya, jadi kenapa kita terkadang melihat ID ini saat ditelepon beberapa nomor tak dikenal? Nah, jawabannya ternyata sangat simpel. ID atau tulisan Greater Jakarta di layar hape kita ternyata hanya menunjukkan lokasi atau wilayah si penelepon berada. Ini bisa diketahui lewat kode nomor si penelepon, biasanya +6221 yang berarti Jakarta ataupun juga Jabodetabek. Jadi, kalau kita melihat ID ini di layar hape kita saat menerima panggilan masuk, kita bisa tahu kalau si penelepon berasal dari wilayah tersebut. Ternyata simpel banget ya?

Kalau kalian ingin melihat info yang lebih lengkap dari nomor yang menelepon kalian saat panggilan masuk, kalian bisa menggunakan aplikasi Caller ID & Block tellows! Aplikasi ini punya fitur identifikasi penelepon yang bisa menampilkan nama dan lokasi spesifik si penelepon berada. Fitur ini bisa didapatkan dengan gratis, loh! Kalian hanya perlu download atau unduh langsung aplikasi tellows di Play Store untuk Android atau App Store untuk iPhone. Selamat mencoba!

Facebooktwitteryoutubeinstagram

203 gagasan untuk “Panggilan masuk dengan ID Greater Jakarta, apa maksudnya?

  1. Daeng wijaya

    Jgn menuduh yg bkn2 dl tmn2. Rizki itu dtgx mn kt tdk pernh tau. Siapa tau itu sbgai prantara dr rizkimu yg tak terduga. Dan klian seakan pd ketakutan dgn id greater jakarta. Kok bs gt knp sich…?

  2. Liakomalasari

    Saya hampir tiap hari masuk telpon dari greater Jakarta, karena saya curiga ini penipuan gak pernah sekalipun saya angkat. Anehnya setiap ada panggilan setelah itu langsung masuk chat dari sebuah yayasan yg menawarkan sedekah alquran, chatnya berkali2 tp tak pernah saya balas, dia juga tau nama saya. Bahkan sudah Sy blokir nomornya tapi tetap aja dia bisa chat lagi. Minta sedekah kok maksa ya, apalagi gak direspon tp tetep aja chat lagi.
    Saya lebih suka sedekah ke yayasan atau pihak yg benar2 saya tau statusnya dan saya yakini kebenarannya.

  3. Zzzz

    Ditelpon 4x trus sy coba angkat trnyata dri AXA finance, doi lngsng panggil “Bpk….” pake nama saya (bukan nama lengkap, kyknya dri nama email sih), sy lngsng kaget kok bisa tau nama sy.. trus doi omong2 5 menit gitu bilang sy bakal dikasih kartu asuransi 3 bln gratis, pdhl sy ga daftar apa2 sblmnya.. doi minta sy untuk donlot app livin mandiri, ya saya ikuti aja langkahnya2.. pas smpe di bagian verifikasi sms ga konek krna masalah jringan doi malah minta sy tunggu trus smpe 10 mnt blm jadi2 doi pun suruh tunggu aja trus ya sy tutup nih tlpn, pas sy cari nomornya trnyata itu akun telemarketing asheeemm… Untung gara2 jaringan aja itu g jadi termakan tipuan doi an****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *