Panggilan masuk dengan ID Greater Jakarta, apa maksudnya?

Facebooktwitterpinteresttumblrmail

Sering kali kita ditelepon oleh nomor tak dikenal, entah dengan tujuan telemarketing, penawaran asuransi, atau bahkan penipuan. Terkadang ketika kita ditelepon oleh nomor-nomor tak dikenal, tertulis Greater Jakarta di bawah nomor teleponnya. Kita pun bingung, apa sih sebenarnya Greater Jakarta? Nama perusahaan? Atau nama modus penipuan? Nah, setelah mencari tahu di berbagai sumber, tim tellows menemukan jawabannya! Yuk simak langsung di bawah ini!

Apakah Greater Jakarta merupakan nama perusahaan?

Banyak orang yang mengira kalau Greater Jakarta itu merupakan nama dari perusahaan yang menelepon mereka. Namun, pengguna tellows sendiri sudah melaporkan di berbagai nomor di platform tellows, kalau mereka ditelepon oleh berbagai perusahaan yang berbeda yang memiliki ID atau tulisan Greater Jakarta yang muncul di layar saat panggilan masuk. Mari kita baca langsung laporannya dari teman-teman kita yang diambil dari platform id.tellows.net:

Tiko melaporkan nomor +622124163343 dengan komentar:
Saya dpt panggilan ini hari rabu (12/06/2019)siang sekitar pukul 11. Saya sedang dalam perjalanan dinas waktu itu. Di layar tertulis Greater Jakarta. Karna saya kira tidak telp dari kantor/ perusahaan tempat saya mengajukan lamaran maka saya angkat. Kemudian perempuan diseberang sana menanyakan nama saya “dengan ibu….?” karna saya sedang tidak konsen, buru2 ada meeting jadi saya nyeplos “ya?” lalu telp dimatikan. Saya baru tau kalau ini modus setelah saya cari nomernya di google. Bagaimana ini?

Apakah Greater Jakarta itu berarti modus penipuan?

Beberapa orang juga salah paham dengan arti Greater Jakarta. Mereka mengira, kalau mereka melihat ID ini saat panggilan masuk, itu berarti kalau si penelepon sudah pasti penipu. Nah, ternyata nggak semudah itu teman-teman. Nomor-nomor yang memiliki ID Greater Jakarta bisa jadi penipuan tetapi bisa juga bukan. Mari kita lihat laporan pengguna tellows lainnya yang ditelepon dengan modus penipuan dengan ID Greater Jakarta tersebut:

Anonim melaporkan nomor +622140003333 dengan komentar:
Hari ini, 4 April 2018 pukul 18:08 nomor 02140003333 menelepon saya. Sebelumnya ada jg nomor asing menelpon saya yaitu nomor 02130495400 dg tulisan Greater Jakarta missed call sy sampe 6x. Akhirnya saya angkat, dia bahkan tau nama lengkap saya, umur, dan tau saya punya rek bank CIMB Niaga. Dia jg tanya udah berkeluarga apa masih single dan mendoakan biar dpt jodoh yg terbaik. Hell. Dia nyerocosssss mulu nawarin asuransi kecelakaan, dan terus menjelaskan hal2 yg saya gak ngerti. Saya cuma respon hm hm sama ya ya ya aja. Saya dengarkan dia nyerocos selama 9 menit, sampai akhirnya saya sadar ini pasti penipuan dan akhirnya saya bilang : Udah ya mba saya mau solat. Tp dia melarang saya mengakhiri panggilan itu. Sampe saya habis kesabaran trus saya matiin tlp itu

Jadi, apa dong arti Greater Jakarta?

Duh, kalau Greater Jakarta bukan nama perusahaan atau nama modus penipuannya, jadi kenapa kita terkadang melihat ID ini saat ditelepon beberapa nomor tak dikenal? Nah, jawabannya ternyata sangat simpel. ID atau tulisan Greater Jakarta di layar hape kita ternyata hanya menunjukkan lokasi atau wilayah si penelepon berada. Ini bisa diketahui lewat kode nomor si penelepon, biasanya +6221 yang berarti Jakarta ataupun juga Jabodetabek. Jadi, kalau kita melihat ID ini di layar hape kita saat menerima panggilan masuk, kita bisa tahu kalau si penelepon berasal dari wilayah tersebut. Ternyata simpel banget ya?

Kalau kalian ingin melihat info yang lebih lengkap dari nomor yang menelepon kalian saat panggilan masuk, kalian bisa menggunakan aplikasi Caller ID & Block tellows! Aplikasi ini punya fitur identifikasi penelepon yang bisa menampilkan nama dan lokasi spesifik si penelepon berada. Fitur ini bisa didapatkan dengan gratis, loh! Kalian hanya perlu download atau unduh langsung aplikasi tellows di Play Store untuk Android atau App Store untuk iPhone. Selamat mencoba!

Facebooktwitteryoutubeinstagram

47 gagasan untuk “Panggilan masuk dengan ID Greater Jakarta, apa maksudnya?

  1. April

    Saya dapat SMS dari nomor 02139735000 selamat April nomer anda berhak mendapat kan 1 miliar
    Itu penipuan atau bukan ea saya bingung???
    Dengan id greater jakarta

  2. Rafit

    622150611688 jg dr greater jakarta. nmr yg bertulis greater jakarta ini, mnelpon saya. Saya tak sempat sngkat. Ketika saya mau hubungi lagi pakai nmr lain karna plsa saya yg d hbungi habis, tak nisa2 di hubungi..

  3. Budi alamsyah

    kirain ada undian gitu ternyata setelah saya buka situs ini, hehe membingungkan…bagi ana orang pinggiran. tpi dg adanya penelpon no. tak dikenal hikmahnya lebih hati hati, mengerti apaitu greater Jakarta.

  4. Jhin iprit

    Halo saya pengguna idtellow tapi belum pernah saya menemukan telpon misterius lengkap dengan pemilik dan lokasi penelpon..cuma perintah melihat komentar…yang kebanyakan pada bingung seperti saya.

  5. Eky kurniawan

    Saya sudah 2 hari ini ditelpon oleh nomor tidak dikenal dengan nama dibawahnya “greater jakarta” bukan hanya satu nomor, tetapi 5 nomor berbeda dengan tulisan greater jakarta, singkatnya semua panggilan hanya masuk notifikasi daftar blokir, karena kartu hp saya, saya setting blokir otomatis semua nomor tidak dikenal (tidak ada di daftar kontak) . Apakah ini penipuan?

  6. Yeni setiani

    Saya ada yang nelpon dari greater jakarta udah 4x dengan no yang berbeda beda tp itu pas di tlpn balik malah no yang anda tuju tidak terdaftar,pas yang satu lagi sama saya langsung di angkat di halo haloin mlah dieum langsung di matiin dari sana nya,,,aku pun bingung ini kenapa no dari greater jakarta berturut turut masuk ke handpon saya

  7. Shaffiatul Fitri

    Assalamualaikum sis mau nanya tadi saya dapet telpon dari greater Jakarta +622126060198 saya dapat panggilan disuruh interview buat hari Senin apakah ini no greater Jakarta hoax apa bukan?

  8. Wahyu Ferdiansyah

    Saya Udah beberapa kali dipanggil oleh Nomor ID yang Tertera dengan nama Greater Jakarta. Pas Thn2 yang lalu truz juga kmrn sabtu aku ditelepon juga sama Greater Jakarta, Truz Juga Hari Ini lagih ditelepon sama Greater Jakarta. Sebenarnya diah nelpon nomor saya tuh tauh dari mana sih. Saya takut kalau diah adalah seorang penipuan yang ingin mencoba menghubungi saya tanpa ada alasan tertentu.

  9. Rima melati

    Saya rima melati saya tadi sore pukul 05:56 di hubungi oleh griter jakarta kata operator dari gritee jakarta saya dapat uang satu miliar apa itu jenis penipuan atau apa ya terimakasih

  10. Agung budiono

    Saya lagi nunggu telp dr Tokopedia tentang penipuan kejadian di Alfamidi… sekitar jam 11.00. tadi ada telp 02150917008 tapi saya tidak dengar karena masih kerja…….mohon di ulangi lagi utk telp saya tolong dong y Allah…

  11. Ace

    Hari ini pada 14-Februari-2020 pada jam 08:29 dengan inisial nomor +622130404119 menelefon saya dengan id greater jakarta. Dari si penelefon menawari saya sebuah asuransi, seperti asuran kesehatan, kecelakaan, kematian dan mungkin ada yang lainnya juga, soalnya saat ngomong cepet banget. Dan karena kurang fokus, pada saat ditawari saya hanya menjawab iya, iya dan iya aja. Dan dari penelefon pun juga ingin saya menyetujui dengan apa yang mereka tawarkan, dengan nada agak sedikit memaksa.
    Mohon dong solusinya, tolong check dan lacak nomor telefon itu, tolong penjarain dia dan sekalian mungkin juga ada komplotan dari si penelefon.
    Apalagi saat saya telefon balik, diangkat sih, tapi langsung ditutup. Gitu terus
    Bikin resah orang saja

  12. Jhony Renaldo dewanna

    Saya di telpon greater Jakarta 17 Febuari 2020 maksudx apa ya saya tidak paham apa itu maksud dan tujuanx
    Penelpon greater jakarta 02180605780

  13. Edo

    Hari nih tanggal 6 Maret 2020, saya ditelpn yg tulisannya Greater Jakarta nomernya (021 50849177), nawarin Asuransi ke saya, tiap kali mau saya tolak, dia ngejelasin ulang lagi programnya, trus diakhiri (Nanti kalo bapak setuju, saya bisa bantu bapak untuk verifikasi), dari sini udah males saya ladenin karena nada dia terkesan maksa bener, trus saya tutup sm blokir dah no tlpnya. tapi sblmnya kutanya dpt no tlpn saya, sm tau nama lengkap saya dari mana? dia jawab ktnya baru2 ini, saya dikasih tau pernah daftar aplikasi PEDE (Ponsel Duit), dan sy pernah itu daftar di aplikasi, untuk syarat utama waktu mengikuti Jobfair di palembang.

  14. faslan

    saya gk pernah di telepon tapi saya sering dapet sms dari sequis yg mencantumkan nomor telpon greater jakarta 02129942929 .kata dia nasabah yth terima kasih pembayaran polis anda no …sekian sebesar 650ribu telah kami terimah.padahal saya gk pernah daptar sequis malah ujug ujug ngambil uang gitu aja tolong dong biar uang nya gk di ambilin terus kalo bisa di kembalikan

  15. Haji ansori

    Saya di telpon berkali-kali oleh nomor yang tak dikenal dengan alasan mencari seseorang yang tidak saya kenal bahkan memaksa untuk mencari kan orang yang dimaksud namun saya tidak pernah kenal. Nomor saya baru di beli kok diteror oleh greater Jakarta hingga berhari hari

  16. Jelia

    Saya baru saja ditlpon +6221 greater Jakarta. Tanpa sengaja saya angkat karna kebetulan saya sedang main game. Karna bingung no apa, saya langsung search di google. Ternyata ini jawabannya. Untung td jaringan gak bagus..jd belum sempat ngomong udah mati

  17. Yuli

    Saya dpt tlfn dri nmr ini 02127836300 ada tylisa greater Jakarta.. dia menawarkan asuransi.. bilang dari bank BRI Britama pusat.. dan bilang uang asuransi bisa d kembalikan dia ngmg panjang lebar.. dia tau nama saya .. alamat saya.. nmr rekening saya dll.. tanpa saya sadari kemarin sore uang d ATM saya dikuras sama dia.. kok bisa seperti itu.. gimana carany biar uang saya kembali.. dia telah menarik uang d ATM saya dan hanya tinggal 113.000 saja.. meskipun 400rb tapi itu sangat berguna untuk saya

  18. Tatik Akhmawati

    Barusan saya dpt tlp dg ID Greater Jakarta. Karena no tdk sy kenal, sekaligus ketakutan akhirnya tdk sy angkat. Bagaimanakah sikap sy selanjutnya andai ada no itu lg yg masuk?
    Sarannya donk..
    Walau itu hny menunjukkan lokasi Jabodetabek

  19. Saiful

    Baru aja tadi jam 12an dapat telp dr greater Jakarta.. suaranya mbak2 umur 25 tahunan , tapi karema sy sedang sibuk saya matikan.. seandainya gak sibuk bosa sy ajak ngobrol sampai bedug magrib wkkk

  20. aim abdul rohim

    saya ditlpon oleh greater jakarta..di tlpon balik nga nyambung nyambung,..dan sampai saat ini juga saya berusaha menghubungi masih blom bisa

  21. Sumiyati

    Barusan saya dapat telpon yg ada tulisannya greater jakarta. Dia ngakunya dr bank mandiri tau nama saya jga. Nawarin asuransi katanya 1 jt per hari lngsung masuk ke rekening dan 50 jt per tahun . Klo sehat bsa di ambil suka” hati. Tpi saya curiga stlh bbrpa mnit saya matikan dan dia tlfon lg tpi tdk saya bls. Dan katanya nnti mau ngrim kartu itu ke rmh gmna ya tman” ? Saya bngung nnti malah tba” dtng k rmh sruh byr ato gmna. Pdhl mah bank mandiri saya udh lama gx ada transaksi dan saldonya

  22. Msur

    Saya sering kali di telp dengan nomor Jakarta dan tertulis greater Jakarta,setelah saya sempat ngobrol lama,dan aku putuskan untuk meninggalkan sebentar,dia memberikan kabar baik dari permata bank jakarta yang katanya aku bisa dapat dana bantuan rumah sakit sebesar 1jt dan ICU 2jt dan dana tersebut masuk ke rekening,dia tahu nama lengkap saya dan tempat kerja saya,saya masih bingung sampai saat ini tlp terus.saya paling tidak suka dengan menyebutkan nomor rekening dan identitas,tapi saya penasaran karena belum sempat juga ke bank permata nya,barangkali ada yg tahu informasi tersebut apa maksud dan tujuannya?

  23. Lusi

    Aduh ini penipuan Atau bukan ya soalnya sy d tepon oleh great jakarta. No hp 082186659727. Sy sdh kirim no nik ktp. No rek. Gmn ni. Info dong. Jangan sampe penipuan

  24. Sumarsono, SPd.MM

    Fiera digital ini mohon semuanya agar berhati hati isinya banyak PENIPUAN dan Penawaran Produk dgn PEMAKSAAN
    Saya juga korban dari BNI life sistem Telemarketing dia dgn mudah menyedot uang dari kartu kredit sebesar 1,5 jt kemudian kartu saya blokir dan tdk aktif.
    Untuk menarik kembali uang 1,5 jt itu juga susah harus ke Jakarta yg inilah, yg itulah akhir saya iklaskan.
    Kalau ada penawaran produk dari BNI LIFE Telemarketing lebih baik langsung ditutup saja
    PENGALAMAN PAHIT INI MUDAH MUDAHAN TIDAK TERJADI PADA SAUDARA ATAU TEMAN YG LAIN

  25. Ruth

    Halo saya baru di telfon dari greater jakarta dgn no 082180605426, sebelum nya saya juga pernah di telfon ID greater jakarta dgn no 082180605463 tapi yg ini saya angkat tapi pas angkat langsung dimatikan. Sebelum nya juga pernah di telfon greater jakarta dgn no yg berbeda hahaha..
    Menurut saya ini jelas orang iseng sih hahaha

  26. Deli

    Saya sudah 2 hari ini mendapat telpon dari greater jakarta dan dengan nomor yang berbeda
    (021)86659728 dan (021)86659790 tapi saat diangkat tidak ada respon dari sana,kalo seperti ini maksudnya apa ya?

  27. Suhaji

    Baru saja saya juga di telp dari greter jakarta kebetulan saya lagi di jalan begitu saya angkat cuma halo aja.. Sangat membingungkan..bgitu saya telp balik nggj bs…

  28. Rini

    Saya barusan ditelpon beberapa hari penasaran apa sih greater jakarta ternyata itu dari aplikasi hallo dokter menawarkan asuransi demam berdarah klo seandainya keluarga ada yang kena dB dpat asuransi 2jt tpi harus mengisi data diri tapi benar apa nggak nya saya tak tau bilang nya gitu pokoknya soal aplikasi hello dokter ,.apa membantu..apa yg kurang tentang aplikasi tersebut

  29. Cta

    Barusan saya dpt tlfn dari greater jakarta. Katanya dr Bank mau ngirim kartu kredit dan ditanya² soal nama dan keluarga. Dan no telfn. Habis itu dia minta no NPWP saya bilang belum jadi trs dimatikan.
    Pdhl saya udah ngomong alamat dan nomer telfon ortu saya.bahaya tidak ya?
    Minta bantuan nya jawab ya?

  30. saeful permana putra

    saya di tlfon sama no 02127891146 greater jakarta. saya mengirim kan data saya yg asli gimana solusi nya ?
    saya jadi takut ada apa”
    karna saya di tlfon bangun tidur jadi tidak terlalu fokus.

  31. NTTTETTTTTTTT

    hari ini sel,7 juli 2020.
    pda saat saya ingin masuk google tiba ada pemberitahuan bahwa saya mendapatkan giveaway dan menanyai saya tentang berbagai hal saya saya tidak mengerti. menanyakn asuransi kota asal nama orang tua. dan menyuruh saya menelepon +21-3973-5000 dan saya juga dikasih code hadiahnya. namun, anehya tentang giveaway handphone tapi pertanyaan aneh jauh dari kata giveaway. apakah itu penipuan

  32. Putri Septiani

    Assalamualaikum semuanya . Hari ini saya mendapat telepon dari greater Jakarta dengan nomor (+622186659785) saya bingung ini asli atau penipuan. Soalnya dia mengatas namakan aplikasi AloDokter . Tolong jelaskan saya tidak mengerti , terimakasih. wassalamu’alaikum

  33. Jasiyah

    Rabu,15 juli 2020 hari ini 10.33 ditelpon dari +622185220998 yang katanya dari greater jakarta Yang mengatas namakan alodokter,yang memberikan santunan asuransi demam berdarah senilai 2 juta,terus meminta data diri saya serta no.rekening?apakah itu terkait dengan penipuan atau fakta tolong dong infonya karena saya terledor saya memberikan info data diri saya terhadap penelpon tersebut?kalo itu penipuan gimana iya caranya saya takut ada apa apa

  34. Roes damiri

    Saya mendapat tlp dari no 02159858122 dgn bacaan greater jakarta, yg mengatasnamakan dari asuransi kecelakaan bank mandiri, sementara saya buka rek di bank mandiri, saya heran dia kok tau nama saya, karena dia ngomong nya nyerocos trus saya cuma bisa bilang iya. Iya aja, yg aneh nya lg pas saya nelp tmn saya pulsa nya abis, pdhl pulsa saya masih 13.000 bisa abis semua, yg untung nya lg, sisa saldo d ATM masih utuh, mknya saya buru2 ambil semua, karna takut terkuras jg, saya mohon bantuannya, dan solusinya nya, agar si penelepon tsb, gk merugi kn saya dan org bnyk, Terima

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *