“Anda baru saja menang mobil BMW!” Ini dia penipuan dengan modus undian berhadiah

Facebooktwitterpinteresttumblrmail

Modus penipuan berjenis hadiah undian sudah bukan fenomena baru lagi untuk kita. Mulai dari SMS menang mobil sampai panggilan dari penipu kalau kita baru menang jutaan rupiah, modus yang satu ini memang terdengar sangat menggiurkan. Untuk menghindari modus ini, kalian bisa lihat bagaimana kebanyakan penipuan bermodus ini dilakukan. Yuk, simak langsung di bawah ini!

SMS dengan link website

Anonim (085238777818): promo lazada “gebyarlazada”. DI SMS klo no SIM Card berhasil terpilih sebagai pemenang SMS tertulis: “selamat simcard Anda terpilih sbagai pmenang dri program KUIS BERHADIAH dng kodeID pin(27DDF47) U/info cek di. http://bit.ly/gebyarlazada-tbk”

3 Care (0062895611955268): Smsnya berisi Surat Keputusan Resmi dr 3Care No.XV/2019 PIN Pemenang Anda=39XV544F Mendpatkan-1 Unit Mobil HONDA JAZZ U/Info Klik promo3care.epizy.com

Kebanyakan orang mendapat SMS dari nomor tak dikenal yang berisi tautan link ke website atau email. Terkadang link ini hanyalah link spam atau link palsu, di mana si penipu bisa mengakses data pribadi kita lewat internet. Ada juga modus di mana kamu diminta untuk memasukkan data pribadi untuk “menerima hadiahnya”, seperti data bank atau kartu kredit. Apapun modusnya, lebih baik kamu abaikan SMS ini dan jangan membuka tautan link tersebut. Pasalnya, si penipu bisa juga meng-hack data kamu lewat link tersebut.

Akses ke data pribadi

Widodo (0816384763): Phishing. Modus menang undian gopay. Pada akhirnya akan minta pin yang terkirim di ponsel kita dan masuk ke akun gojek kita. Hati hati saldo gopay bisa terkuras

Rupiah Cepat (006287797998704): Nomer ini mencoba menipu saya dengan memberitahu saya menang undian rupiah cepat..dia meminta kode otp saya..

Dengan modus yang dikenal dengan nama “Phishing”, si penipu bisa mengakses data pribadi kita lewat aplikasi lain seperti contoh laporan di atas. Waspadalah! Undian berhadiah yang asli biasanya tidak pernah meminta data pribadi kamu dan langsung memberikan hadiahnya tanpa mengakses datamu. Jadi jangan pernah berbagi data pribadimu ke orang lain.

Meminta transfer uang lewat ATM

R (006282199967707): Mengaku sebagai Go-pay | 1. Tiba2 telepon (pakai nomor biasa), ngasih tahu kalau menang gopay 2 juta. 2. Suruh liat sms apakah ada sms masuk dr GoJek. 3. Benar. Ada sms masuk dr nomor tulisan GoJek. Officially gojek. Berikut kode pin GoPay. 4. Diminta menyebutkan kode Pin GoPay. Dalihnya supaya mencocokkan. 5. Minta ke ATM (standard bgt) buat aktivasi GoPay biar masuk. 6. Selagi di ATM telepon diminta tidak dimatikan karena akan direkam dan ditayangkan di sosmed GoJek. Dalihnya untuk mempererat jalinan mitra Gojek.

Kebanyakan penipu akan meminta kamu untuk mentransfer uang untuk mendapat hadiah yang kamu menangkan. Hati-hati, seharusnya kamu tidak perlu membayar biaya apapun jika kamu memang benar memenangkan hadiah atau uang. Jangan mudah percaya apalagi kalau si penipu memaksa agar kamu tidak mematikan telepon saat kamu mentransfer uangnya.

Nah, apapun modusnya, berhati-hatilah! Kalau kamu benar-benar memenangkan hadiah dari kuis yang pernah kamu ikuti, pastikan kalau si penelepon bukan penipu. Hubungi langsung nomor resmi dari perusahaan atau badan yang penelepon sebutkan (misalnya gojek atau lazada). Jangan pernah berikan data pribadimu seperti alamat email, pin atau password untuk aplikasi atau bank, nomor kartu kredit atau bank. Seperti contoh laporan teman-teman tellows di atas, kamu bisa senantiasa melihat komentar dari orang lain di tellows pada nomor yang menghubungimu. Kamu pun akan tahu kalau nomor tersebut sudah sering dilaporkan sebagai penipuan.

Facebooktwitteryoutubeinstagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *